1/05/2013

Penghubung Manusia dengan Komputer


 Perantara
Apa yang digunakan agar antara manusia dan komputer dapat berinteraksi atau berkomunikasi ? untuk hal ini diperlukan sesuatu yang dikenal dengan istilah Penghubung (Interface).
Interface dalam hal ini dapat berupa Perangkat / Alat atau juga bisa berupa suatu program atau sistem .

Contoh interface berupa perangkat :
  • Keyboard, Monitor, CPU, Scaner, Printer, Camera, dll
Contoh interface berupa   program :
  • OS, Microsoft Office, Pemutar Musik, Pengunduh Gambar, dll
Masing-masing interface tersebut telah diciptakan sesuai dengan kebutuhan manusia mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.dan bersifat Inisiatif, Keluwesan,Kompleksitas, Kekuatan, Beban Informasi, Konsistensi, Umpan balik, Observabilitas, Kontrolabilitas, Efisiensi, Keseimbangan
  Interface yang diciptakan dalam bentuk program mempunyai karakteristik seperti berupa Command Line, Menu Pilihasn, Icon, Form Isian, Form Antar Muka, Jendela iNformasi, Interaksi langsung.

Selain diperlukan interface antara manusia dengan kompter, komputer juga memerlukan alat bantu  

Komputer tidak bisa berinteraksi dengan manusia bila tidak ada jembatan yang menghubungkan keduanya. Komputer dan manusia bisa berhubungan dengan menggunakan software atau tools. 
  Software dibuat dengan bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang ditulis dengan menggunakan bahasa awam (bahasa Inggris sehari-hari dengan aturan tertentu) yang kemudian diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa mesin.
 
Pembuat Software yang pertama adalah Ada Augstus (1815-1853). Software yang dibuatnya diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine, sehingga namanya diabadikan sebagai nama sebuah bahasa pemograman komputer, yaitu Ada, pada tahun 1983.
  Ada merupakan bahasa komputer yang digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat perang, taktik, dan sistem pertahanan Amerika Serikat.
Perkembangan bahasa tingkat tinggi terus berlanjut sampai sekarang, tetapi dengan penekanan lebih pada pemrograman berorientasi objek seperti bahasa Visual dBase, Visual J++, Visual C/C++, Delphi, Visual Basic, Java, dan lainnya.
Keuntungan dari pemrograman berorientasi objek adalah :
1.Antarmuka yang lebih baik
2.Lebih mudah dibuat
3.Ekonomis
4.Pemakaian sumber daya lebih sedikit
5.Lebih mudah digunakan, dan sebagainya.
  Dengan pemrograman berorientasi objek maka lebih mudah bagi manusia untuk berinteraksi dengan komputer, karena gambaran cara kerja program diberika dengan menggunakan tampilan yang lebih mudah di mengerti.
 
 

Tidak ada komentar: